English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : YBG

Minggu, 24 Oktober 2010

Proposal Hewan Qurban

KATA PENGANTAR



السلام عليكم ورحمةالله وبركاته


إنّ الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيّئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضلّ له، ومن يضلل فلا هادي له، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أنّ محمدا عبده ورسوله

{يا أيّها الذين آمنوا اتقوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ ولا تَمُوتُنَّ إلاَّ وأَنتُم مُسْلِمُونَ}

{يا أيّها الناسُ اتّقُوا ربَّكمُ الَّذي خَلَقَكُم مِن نَفْسٍ واحِدَةٍ وخَلَقَ مِنْها زَوْجَها وبَثَّ مِنْهُما رِجالاً كَثِيراً وَنِساءً واتَّقُوا اللهََ الَّذِي تَسَائَلُونَ بِهِ والأَرْحامَ إِنَّ اللهَ كان عَلَيْكُمْ رَقِيباً }

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ وقُولُوا قَوْلاً سَدِيداً يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمالَكمْ ويَغْفِرْ لَكمْ ذُنوبَكُمْ ومَن يُطِعِ اللهَ ورَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزاً}

أما بعد،

فإن أصدق الحديث كلام الله وخير الهدي هدي محمد صلي الله علبه وسلّم وشر الأمور محدثاتها وكلّ محدثة بدعة ، وكل بدعة ضلالة ، وكل ضلالة في النار .

Sesungguhnya segala puji hanya milik Allah. Yang kita memuji-Nya, kita memohon pertolongan dan pengampunan dari-Nya, Dan kita memohon perlindungan kepada Alloh dari kejelekan jiwa-jiwa kami dan keburukan amal-amal kami. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Alloh maka tidak ada yang dapat menyesatkannya. Dan barangsiapa yang disesatkan oleh Alloh maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk. Saya bersaksi bahwasanya tiada Ilah yang Haq untuk disembah melainkan Ia dan tiada sekutu bagi-Nya. serta aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya

Wahai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan islam”.(QS. Ali Imran:102)

Wahai sekalian manusia bertakwalah kepada Tuhanmu yang menciptakanmu dari satu jiwa dan menciptakan dari satu jiwa ini pasangannya dan memperkembangbiakkan dari keduanya kaum lelaki yang banyak dan kaum wanita. Maka bertaqwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan peliharalah hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah senantiasa menjaga dan mengawasimu”.(QS. An Nisaa:1)

Wahai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan ucapkanlah perkataan yang benar niscaya Ia akan memperbaiki untuk kalian amal-amal kalian, dan akan mengampuni dosa-dosa kalian, dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul-Nya maka baginya kemenangan yang besar”.(QS. Al Azhab:70-71)

Adapun setelah itu, sesungguhnya sebenar-benar kalam adalah Kalam Allah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad . Sedangkan seburuk-buruk suatu perkara adalah perkara yang diada-adakan (muhdats) dan tiap-tiap muhdats itu Bid’ah dan tiap kebid’ahan itu adalah kesesatan dan setiap kesesatan tempatnya kelak di Neraka. (HR. Ahmad, Abu Dawud, An Nasai, At Tirmidzi, Ibnu Majah, Al Hakim, At Thoyalisi, Abu Ya’la, Ad Darimi, dan Al Baihaqi)

Sehubungan dengan akan datangnya Hari Raya Iedul Adha yang identik dengan Hari Raya Qurban, 10 Dzulhijjah 1431 H, maka pada kesempatan ini kami mengajak kaum muslimin dan muslimat yang berniat untuk berqurban, untuk berkenan menitipkan penyaluran hewan qurban di wilayah desa Ciangsana, Kc. Gunung Putri, Bogor dan sekitarnya. Kami juga memohon bantuan dana untuk terselenggaranya acara ini.

Untuk lebih jelasnya, kami lampirkan proposal singkat yang dapat dipelajari, sehingga Bapak/Ibu dapat mempersiapkannya mulai dari sekarang. Kemudian kami juga melampirkan sebuah makalah yang berkaitan dengan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, dengan tujuan agar kaum muslimin mendapatkan kefahaman tentang tatacara penyembelihan kurban menurut syari’at Islam.

Demikian kiranya surat penawaran ini kami sampaikan. Untuk segala waktu dan perhatiannya, kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya, semoga Allah SWT membalas segala kebaikan dan amal ibadah kita dengan balasan yang lebih baik dari sisi-Nya. Amien.

جزاكم الله خيرا

والسلام عليكم ورحةالله وبركا ته



Bogor, 24 Oktober 2010 M/ 16 Dzulqa’idah 1431 H
Ketua pelaksana,


Ustadz Surya


PROPOSAL QURBAN IDUL ADHA 1430 H

Tebar cinta duafa dengan berqurban

I. PENDAHULUAN

Hari Iedul Adha adalah merupakan puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukaromah, tetapi juga dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari raya ini disebut juga Hari Raya Qurban, dimana pada hari itu bagi setiap hamba-Nya yang mampu dianjurkan untuk menunaikan kewajibannya menyembelih hewan qurban.

“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (Qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).” (QS. Al Hajj : 34)

”Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan ber-kurban-lah.” (QS. Al Kautsar : 1-2)

Dari dua surat di atas, secara langsung Allah SWT memberikan perintah agama (syari’at) di dalam kitab-Nya yang suci, bahwa kepada kita yang mengaku sebagai ummat-Nya diwajibkan untuk melaksanakan ibadah Penyembelihan Qurban. Sejalan dengan tujuannya, kewajiban ini akan jatuh kepada hamba-hamba-Nya yang telah dilimpahi rezki dan membagi rezki yang Allah berikan dengan saudara-saudara lain yang kurang mampu (dhuafa).

Ibadah Qurban yang diperintahkan kepada ummat Nabi Muhammad SAW adalah ibadah yang mengacu kepada sejarah qurbannya Nabi Ibrahim A.S. Perintah mengorbankan anak yang dicintainya, Nabi Ismail A.S. yang kemudian Allah gantikan dengan seekor Gibas adalah salah satu bukti ketaatan Nabi Ibrahim A.S dalam menjalankan perintah Allah SWT. Oleh karena itu, pelaksanaan ibadah qurban harus diniatkan dalam rangka taat dan menjalankan perintah Allah, sebagaimana ayat-ayat di atas.

Ibadah Qurban juga memiliki keutamaan yaitu pengampunan dan keridhaan dari Allah SWT. Amalan yang paling dicintai Allah pada hari Raya Iedul Adha adalah hewan qurban. Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada satu amalan yang paling dicintai Allah dari bani Adam ketika hari raya Iedul Adha selain menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majjah dan Hakim)

II. TUJUAN KEGIATAN

  1. Meneladani Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad
  2. Menumbuhkan kesadaran dan peran serta ummat Islam dalam upaya mengembangka kecintaan kepada sesama, dalam perwujudan takwa kepada Allah
  3. Memperkokoh jalinan silaturahim dalam upaya menopang ukhuwah islamiyah di antara anggota masyarakat deangan masyarakat lainnya.
  4. Mempermudah kaum muslimin dalam pelaksanaan ibadah qurban.
  5. Membantu dalam penyaluran hewan qurban kepada orang yang berhaq mendapatkannya secara merata.

III. BENTUK KEGIATAN

  1. Mengumpulkan dana hewan qurban
  2. Mengidentifikasi daerah-daerah dan warga di wilayah desa Ciangsana dan sekitarnya yang berhaq untuk menerima hewan qurban.
  3. Pelaksanaan Sholat Iedul Adha dan penyembelihan hewan qurban.
  4. Mendistribusikan hewan atau daging qurban ke masyarakat miskin di daerah Ciangsana dan sekitarnya
  5. Pendokumentasian per hewan qurban sesuai nama pequrban dan pelaporan.

IV. HAQ BAGI PENGQURBAN

1. Pengqurban berhaq mengambil 1/3 bagian hewan qurbannya, dengan terlebih dahulu memesan pada panitia.. (bagian manapun)

2. Pengqurban boleh memotong hewan qubannya sendiri.

3. Pengqurban boleh ikut berpartisipasi dan menyaksikan kegiatan berlangsung.

V. REKAPITULASI DANA YANG DIBUTUHKAN

Anggaran Dana Pendistribusian Hewan Kurban

No

Kebutuhan

volume

Harga satuan (Rp)

Jumlah harga (Rp)

Kesekretariatan

1

Penggandaan Proposal

50

6.000

300.000

2

Biaya pengiriman proposal

50

10.000

500.000

3

Pembelian kwitansi

1

5.000

5.000

4

Biaya Print

20 lembar

1.000

20.000






5

Transportasi pembelian Hewan Kurban



500.000

6

Biaya distribusi Hewan Kurban


50.000

50.000






7

Biaya peralatan



200.000

8

Biaya pemotongan


100.000

500.000

9

Konsumsi


200.000

200.000

10

Biaya tak terduga


100.000

100.000






Total dana pendistribusian Hewan Kurban sebesar

2.395.000

Terbilang, Dua JutaTtiga Ratus Sembilan Puluh Lima Ribu Rupiah

VI. JENIS & HARGA HEWAN QURBAN

JENIS/TIPE HEWAN

BERAT HIDUP

HARGA

Gibas/Domba A

20-22 kg

Rp 900.000

Gibas/Domba B

23-25 kg

Rp 1.000.000

Gibas/Domba C

26-28 kg

Rp 1.100.000

Sapi A

+/- 250 kg

Rp 8.550.000

Sapi B

+/- 280 kg

Rp 9.550.000

Sapi C

+/- 310 kg

Rp 10.550.000

Sapi D

+/- 340 kg

Rp 11.550.000

Sapi E

+/- 370 kg

Rp 12.550.000

\







Harga sudah termasuk infaq pemotongan dan pendistribusian.

VII. METODE PEMBAYARAN & KONFIRMASI

  1. Sumbangan dalam bentuk hewan kurban (sapi atau kambing) yang dapat diberikan langsung ke pihak panitia.
  2. Pembayaran langsung ke pihak panitia dalam bentuk uang
  3. Transfer ke rekening : BCA KCP. KOTA WISATA CIBUBUR 5725092269 YAYAH LESTARI .Konfirmasi transfer via SMS ke nomor : 087877847330. Dengan format isi pesan : #ekor#### (Misal : GibasA#1 ekor#muamalat9010871495#Ahmad bin hamid# jl sukarno-hatta no 10 malang ,Ahmad@gmail.com#)
  4. Bagi yang ingin dijemput hewan kurbannya, dikenakan biaya transportasi berdasarkan jauhnya tempat.(Khusus jakarta dan sekitarnya)

VIII. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Insya Allah Pelaksanaan kegiatan ini akan diadakan pada tanggal ( 10-13 dzulhijah 1430 H ) dan tempat pelaksanaan kegiatan akan dilaksanakan di Masjid Al-Iman, Jl. Dewa Kp. Cikeas Ilir Rt 01/02, Ds. Ciangsana, Kc. Gunung Putri, Kb. Bogor.

IX. SUSUNAN PANITIA

  1. Penasehat :
  • Ustadz Bambang
  • Jaka Santosa
  • Kol. Taufiqurohman
  • Hj. Dr. Syahnidar Arifin

2. Ketua : Ustadz surya

3. Sekretaris : Wira Saputra

4. Bendahara : Warsidi

5. Divisi Kegiatan

6. A. Divisi Penggalangan Dana dan Penyebaran Proposal :

· Nasip ( Koordinator)

· Andi

· Dadan

· Teguh

· Dedi

· Rt. Samin

· Ramdhani

· Ust. Yusuf

· Ust. Janun

· Ibu Menih

7. B. Divisi Penerimaan Hewan Qurban :

· Sofyan

· Arman

8. C. Divisi Peralatan:

· Pak Sukidi

· Subur

· Samit

9. D. Divisi Pemotongan :

· Ust. Wardi

· Ust. Asep


10. E. Devisi Pengolahan Qurban :

· Sarif

· Sain

· Samin

· Endo

· Seluruh Jama’ah Masjid Al-Iman

11. F. Devisi Keamanan dan Perawatan Hewan Qurban :

· Nengkin

· Yadi

12. G. Devisi Dokumentasi :

· Ust. Bambang

13. H. Devisi Kebersihan :

· Subur

· Samit

· Seluruh Jama’ah Masjid Al-Iman

14. I. Devisi Konsumsi :

· Ibu Saroh

· Ibu Yayah Lestari

· Ibu-ibu Pengajian Masjid Al-Iman

15. J. Devisi Penyaluran Daging :

· Ust. Utsman

· Rt. Nasan

· Rt. Jamin

· Rt. Endong

· Rt. Saman

X. PENUTUP

Dengan penuh tulus ikhlas semata-mata hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT, kami mengajak Bapak/Ibu sekalian, kaum muslimin dan muslimat untuk mengambil kesempatan emas ini, yaitu momen Hari Raya Idul Adha (Hari Raya Qurban) untuk menyisihkan sebagian dari rezki dan nikmat yang telah Allah anugrahkan kepada kita untuk dibagikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkannya di wilayah Desa Ciangsana dan sekitarnya.

“Sungguh, tiada balasan bagi kebaikan kecuali hanya kebaikan pula, maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS. Ar-Rahman : 60-61)

Demikian proposal ini kami buat dengan harapan dapat menggugah hati para donatur untuk menyisihkan sebagian infaqnya demi suksesnya kegiatan ini.

Billaahittaufieq wal Hidaayah.Jazakumullaahu khairan katsiira.

Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh

Panitia Tebar Hewan Qurban

Ketua Panitia,

Ust. Surya

Bogor, 24 Oktober 2010

Sekretaris,


Wira saputra

Mengetahui

Ketua DKM Masid Al-Iman,



Ust. Bambang S.E,

Tembusan :

Ketua RT 01

Nasan


Ketua RW 03

Mamad

Wakil Dusun II

Bonan

0 komentar:

Posting Komentar