English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : YBG

Sabtu, 11 Desember 2010

Bagaimana membedakan ayat tentang sifat dan yang bukan? [Syaikh Ali Hasan]

Syaikh Ali Hasan ditanya:

"Allah berfirman[artinya]: "Kemana saja kalian menghadap, disana ada wajah Allah" (Al-Baqarah:115)

Apakah ini termasuk ayat yang berbicara tentang sifat Allah atau bukan? Dan bagaimana membedakan antara ayat yang berbicara tentang sifat Allah dengan yang bukan?"

Jawaban:

Adapun statusnya apakah ayat ini ayat sifat atau bukan, telah diterangkan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah bahwa ayat ini bukan ayat yang berbicara tentang sifat Allah. Ini dinyatakan dengan dalil kronologis turunnya ayat (asbabun nuzul) ini. Sebab sejarah turunnya ayat ini adalah karena ada sebagian para sahabat nabi yang tidak mengetahui arah kiblat secara jelas. Maka ayat ini seperti ayat: "Dan bagi setiap ummat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya." (Al-Baqarah:148)

Maka kronologis turunnya ayat sangat membantu untuk mengenali makna yang dimaukan dalam ayat ini. Tetapi walaupun kita mengatakan bahwa ayat ini berkenaan dengan arah kiblat sesuai dengan historis turunnya ayat dan konteks kalimat, bukan berarti kita menolak adanya sifat "wajah" bagi Allah. Karena sifat ini telah ditegaskan oleh banyak nash dari Al-Qur'an dan Sunnah.

("Tanya Jawab dengan Syaikh Ali Hasan hafidhahullah di Yogyakarta" Buletin Al-Manhaj Edisi 7/1419 H/1999M, terbitan Lajnah Khidmatus Sunnah wa Muhaarabatul Bid'ah, Ponpes Ihyaus Sunnah-Degolan-Yogyakarta)

0 komentar:

Posting Komentar